Strategi dan Media Promosi Kesehatan
Assalamualaikum teman-teman selamat datang di Agen Preventif
Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan promosi kesehatan? Dalam melakukan promosi kesehatan agar dapat merubah prilaku secara efektif, Promkes menggunakan Strategi dan Media Promosi Kesehatan. Apa saja sih media dan strategi promosi kesehatan? Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya dibawah ini.
Pengertian Promosi Kesehatan
Menurut
Green dan Kreuter (1991) promkes adalah kombinasi dari pendidikan kesehatan dan
faktor faktor organisasi, ekonomi, dan lingkungan yang seluruhnya mendukung
terciptanya prilaku yang kondusif terhadap kesehatan. Sedangkan menurut WHO, Promosi Kesehatan adalah suatu proses membantu individu masyarakat meningkatkan
kemampuan dan keterampilan mengontrol berbagai faktor yang berpengaruh pada
kesehatan, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatannya. Pada Pengertian
promkes kemenkes, Keputusan
Menteri Kesehatan Nomor 1114 /MENKES/SK/VII/2005 promosi kesehatan adalah upaya untuk
meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat, agar mengembangkan
kegiatan yang bersumber daya masyarakat serta mereka dapat menolong diri
sendiri sesuai sosial budaya setempat dan didukung kebijakan publik yang
berwawasan kesehatan
Strategi Promosi Kesehatan
Dalam
promosi kesehatan terdapat tiga strategi yang di gunakan oleh promotor
kesehatan dalam melakukan promosi kesehatan antara lain:
A.
Kemitraan
![]() |
Kemitraan adalah upaya
untuk melibatkan berbagai sektor, kelompok masyarakat, lembaga Pemerintah maupun
Non-Pemerintah untuk berkerja sama demi mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini
kemitraan merupakan bentuk kerja sama
oleh karenanya semua pihak yang terlibat harus dapat berkerja sama serta
mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. Oleh karenanya
kemitraan didasarkan pada hal-hal sebagai berikut:
·
Persyaratan
Kemitraan : Kesamaan kepentingan, Saling mempercayai, dan menghormati,
menyadari pentingnnya kemitraan yang di buat, Memiliki kesamaan visi, misi,
tujuan dan nilai yang sama serta Kesediaan berkorban
·
Landasan
Kemitraan : Saling memahami kedudukan, tugas dan fungsi masing masing, Saling
memahami kemampuan masing masing, saling menghubungi, saling mendekati,
terbuka, saling mendukung serta saling menghargai
·
Prinsip-Prinsip Kemitraan:
Persamaan, keterbukaan dan saling mengutungkan
B.
Pemberdayaan
masyarakat
Pemberdayaan adalah
strategi promosi kesehatan / promkes yang ditujukan pada masyarakat langsung.
Tujuannya adalah mewujudkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan
meningkatkan kesehatan mereka sendiri.
Membangun masyarakat yang berfikir statis menajdi masyarakat yang
berpikir dinamis serta Perberdayaan masyarakat desa dan kota bertujuan
meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Proses Pemberdayaan
melalui tiga proses yaitu:
·
Meciptakan
suasana yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang dengan mendorong dan
membangkitkan kesadaran masyarakat
·
Memperkuat
potensi atau daya yang dimiliki oleh masyarakat, sehingga diperlukan langkah
yang lebih positif.
·
Melakukan pencegahan
agar masyarakat tidak bertambah lemah disebabkan kurang kerberdayaannya dalam
menghadapi yang kuat.
C.
Advokasi
Advokasi secara harfiah
berarti pembelaan atau sokongan terhadap seseorang yang mempunyai masalah.
Menurut John Hopkins (1990) advokasi adalah usaha untuk mempenaruhi kebijakan
publik melalui berbagai macam komunikasi yang persuasive. Advokasi diartikan
sebagai upaya pendekatan terhdap orang lainyang di anggap memiliki pengeruh
terhadap keberhasilan suatu kegiatan yang dilaksanakan. Oleh sebabnya sasaran
advokasi ini adalah para pemimpinan organisasi atau institusi.
Media Promosi Kesehatan
Media
promkes secara umum terbagi dua yaitu:
1.
Media informasi
![]() |
media sosial |
Media informasi yang digunakan dalam promosi
kesehatan biasanya adalah media massa dan juga media social seperti facebook,
instagram, twiter dan media social lainnya. Akan tetapi di saat ini, media
social lebih baik di gunakan di karenakan hampir semua orang memiliki media
social sehingga penyampaiann iformasi yang efisien serta penyebarannya yang
mudah dan cepat
2.
Media edukasi
![]() |
Poster |
Dalam melakukan edukasi, media yang di gunakan
biasanya adalah poster, lefleat atau video. Ketiga media ini memiliki
kekurangan serta kelebihannya masing masing. Oleh karenanya penggunaan media
ini sebaiknya disesuiakan dengan target agar penggunaan dapat lebih efektif
dalam mmeberikan edukasi.
Dalam
prakteknya kedua media ini di kombinasikan atau bisa dikatakan bila media
informasi dan media edukasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat
dipisahkan. Dalam hal ini edukasi yang
di berikan membutuhkan media informasi
dalam penyebaran edukasinya begitu pula sebaliknya.
Contoh Promosi Kesehatan
Di
Indonesia terdapat berbagai macam promosi kesehatan. Berikut beberapa contoh
promosi kesehatan di Indonesia:
1.
Program
Kesehatan Ibu dan Anak
Meningkatkan persalinan
yang di tolong tenaga kesehatan menajadi 90% dengan cara memberdayakan tenaga
kesehatan pemberi pelayanan kesehatan agar dapat berkomunikasi interpersonal
dan konseling serta melakuakan kemitraan
dengan berbagai pihak terkait untuk melakukan kegiatan promosi kesehatan KIA
melalui pendekatan kelompok massa dll. Strategi prokes di fokuskan pada tatanan
rumah tangga dan institusi pelayanan
kesehatan.
2.
Program
Lingkungan Sehat
Meningkatkan presentase
rumah tangga yang menggunakan air bersih, jamban, menempati rumah tidak padat
huni, cukup ventilasi dan berlantai kedap air menjadi 80% dengan cara
memberdayakan rumah tangga sehat secara kemitraan dengan berbagai pihak terkait
serta melakukan advokasi kepada pengambil keputusan untuk meningkatkan mutu
lingkungan hidup dan rumah tangga sehat. Strategi promkes di fokuskan pada
rumah tangga dan institusi pendidikan .
Seperti itulah strategi dan media promosi kesehatan yang dapat kamu gunakan, Semoga Bermanfat..
2 Comments
sip sekali
ReplyDeleteNumpang promo ya Admin^^ (f)
ReplyDeleteingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^ x-)